Fungsi dan Letak Sensor2 Baleno
Halaman 1 dari 1
Fungsi dan Letak Sensor2 Baleno
DIAGRAM ALIRAN UDARA SY 416
DIAGRAM ALIRAN UDARA SE 416
Air Intake System di EPI Suzuki
A. Intake air temperatur
Sensor temperatur udara masuk biasanaya terpasang pada air cleener atau hose antara air cleaner denganthrottle body. Sensor temperatur udara masuk ini berupa thermistor dengan bahan semi konduktor yang mempunyai sifat semakin panas temperatur maka nilai tahananya semakin kecil.
B. Throtlle body
Merupakan saluran utama yang dilalui oleh udara sebelum masuk ke intake manifold. Didalam throtlle body terdapat dua komponen yaitu throtlle valve dan throtlle position sensor (TPS). Throtlle valve digerakan langsung oleh acceleration pedal gas yang berfungsi sebagai pengatur pemasukan udara. Sedangkanthrotlle position sensor berfungsi mendeteksi sudut pembukaan throtlle valve. Komponen ini dilengkapi dengan tahanan geser yang selanjutnya akan dikirim ke ECM sebagai in put untul koreksi perbandingan udara dan bensin.
C. Idle air Control (IAC)
IAC berfungsi untuk mengurangi udara yang masuk ke air intake chamber saat throtlle valve tertutup pada saat kondisi temperatur mesin masih dingin (fast idle) dan saat beban electrik difungsikan (idle up).
D. Fast Idle Air Control
Fast idle air control berfungsi untuk menambah jumlah udara yang masuk kedalam intake air chamber saat throtlle valve tertutup dan temperatur masih dingin. Dengan bertambahnya jumlah udara yang masuk maka ECM akan mendeteksi dan akan menambah bensin yang disemprotkan ke injector sehingga putaran mesin menjadi lebih tinggi dari putaran idle (fast idle).
E. Idle Speed Adjusting screw (ISAS)
Walaupun besar kecilnya putaran idle sudah ditentukan oleh ECM, akan tetapi pada beberapa type kendaraan masih dilengkapi dengan ISAS untuk mengatur besar-kecilnya putaran idle secara manual.
F. Mass Air Flow (MAF)
Mass Air Flow berfungsi untuk mendeteksi masa udara yang masuk ke intake yang selanjutnya di kirim ke ECM. Ada 3 tipe MAF, antara lain : Measuring plate type, Measuring core type dan heat resistor type.
ISC/ISCV (Idle Speed Control Valve) terletak di dalam Throtle Body.
Terdiri dari : (1) Idle Air Control (IAC),
(2) Fast Idle Air Control (FIAC) yang
Idle Air Control (IAC)
A. IAC berfungsi untuk menambah atau mengurangi jumlah udara yang masuk ke intake air chamber saat throttle valve tertutup pada kondisi temperature mesin masih dingin (fast idle) dan saat beban elektrik difungsikan (idle up). Apabila beban listrik difungsikan (lampu, A/C, P/S) maka katup IAC akan membuka untuk menambah udara yang masuk ke intake air chamber. Dengan bertambahnya udara yang mengalir, maka ECM akan mendeteksi dan menambah jumlah penginjeksian pada injector. Demikian juga sebaliknya apabila beban kelistrikan kendaraan tidak difungsikan maka katup IAC akan menutup sehingga putaran mesin kembali ke idle.
Fast Idle Air Control (FIAC)
A. Fast idle Air Control berfungsi untuk menambah jumlah udara yang masuk ke intake air chamber saat throttle valve tertutup dan temperatur masih dingin. Dengan bertambahnya jumlah udara yang masuk maka ECM akan mendeteksi dan akan menambah bensin yang disemprotkan ke injector sehingga putaran mesin menjadi lebih tinggi dari putaran idle (fast idle).
B. Pada beberapa type kendaraan, FIAC diletakkan terpisah dengan IAC (Idle Air Control). Di beberapa type lainnya FIAC dipasangkan menyatu dengan IAC.
C. Kendaraan yang pemasangan FIAC-nya terpisah dengan IAC antara lain adalah Vitara, Baleno 1.6, Escudo 2.0, XL-7
DIAGRAM ALIRAN UDARA SE 416
Air Intake System di EPI Suzuki
A. Intake air temperatur
Sensor temperatur udara masuk biasanaya terpasang pada air cleener atau hose antara air cleaner denganthrottle body. Sensor temperatur udara masuk ini berupa thermistor dengan bahan semi konduktor yang mempunyai sifat semakin panas temperatur maka nilai tahananya semakin kecil.
B. Throtlle body
Merupakan saluran utama yang dilalui oleh udara sebelum masuk ke intake manifold. Didalam throtlle body terdapat dua komponen yaitu throtlle valve dan throtlle position sensor (TPS). Throtlle valve digerakan langsung oleh acceleration pedal gas yang berfungsi sebagai pengatur pemasukan udara. Sedangkanthrotlle position sensor berfungsi mendeteksi sudut pembukaan throtlle valve. Komponen ini dilengkapi dengan tahanan geser yang selanjutnya akan dikirim ke ECM sebagai in put untul koreksi perbandingan udara dan bensin.
C. Idle air Control (IAC)
IAC berfungsi untuk mengurangi udara yang masuk ke air intake chamber saat throtlle valve tertutup pada saat kondisi temperatur mesin masih dingin (fast idle) dan saat beban electrik difungsikan (idle up).
D. Fast Idle Air Control
Fast idle air control berfungsi untuk menambah jumlah udara yang masuk kedalam intake air chamber saat throtlle valve tertutup dan temperatur masih dingin. Dengan bertambahnya jumlah udara yang masuk maka ECM akan mendeteksi dan akan menambah bensin yang disemprotkan ke injector sehingga putaran mesin menjadi lebih tinggi dari putaran idle (fast idle).
E. Idle Speed Adjusting screw (ISAS)
Walaupun besar kecilnya putaran idle sudah ditentukan oleh ECM, akan tetapi pada beberapa type kendaraan masih dilengkapi dengan ISAS untuk mengatur besar-kecilnya putaran idle secara manual.
F. Mass Air Flow (MAF)
Mass Air Flow berfungsi untuk mendeteksi masa udara yang masuk ke intake yang selanjutnya di kirim ke ECM. Ada 3 tipe MAF, antara lain : Measuring plate type, Measuring core type dan heat resistor type.
ISC/ISCV (Idle Speed Control Valve) terletak di dalam Throtle Body.
Terdiri dari : (1) Idle Air Control (IAC),
(2) Fast Idle Air Control (FIAC) yang
Idle Air Control (IAC)
A. IAC berfungsi untuk menambah atau mengurangi jumlah udara yang masuk ke intake air chamber saat throttle valve tertutup pada kondisi temperature mesin masih dingin (fast idle) dan saat beban elektrik difungsikan (idle up). Apabila beban listrik difungsikan (lampu, A/C, P/S) maka katup IAC akan membuka untuk menambah udara yang masuk ke intake air chamber. Dengan bertambahnya udara yang mengalir, maka ECM akan mendeteksi dan menambah jumlah penginjeksian pada injector. Demikian juga sebaliknya apabila beban kelistrikan kendaraan tidak difungsikan maka katup IAC akan menutup sehingga putaran mesin kembali ke idle.
Fast Idle Air Control (FIAC)
A. Fast idle Air Control berfungsi untuk menambah jumlah udara yang masuk ke intake air chamber saat throttle valve tertutup dan temperatur masih dingin. Dengan bertambahnya jumlah udara yang masuk maka ECM akan mendeteksi dan akan menambah bensin yang disemprotkan ke injector sehingga putaran mesin menjadi lebih tinggi dari putaran idle (fast idle).
B. Pada beberapa type kendaraan, FIAC diletakkan terpisah dengan IAC (Idle Air Control). Di beberapa type lainnya FIAC dipasangkan menyatu dengan IAC.
C. Kendaraan yang pemasangan FIAC-nya terpisah dengan IAC antara lain adalah Vitara, Baleno 1.6, Escudo 2.0, XL-7
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|